Home / Berita Utama / Mahasiswa Program Doktor Ikuti International Guest Lecturers

Mahasiswa Program Doktor Ikuti International Guest Lecturers

Senin (14/05/2018) bertempat dilokal Pascasarjana mahasiswa program Doktor Pascasarjana UIN Antasari mengikuti International Guest Lecturers dengan tema “Educational System in The World oleh Takeshi Fukumoto (Candidate Doctor of Philosophy Saga University, Japan) di dampingi oleh Asisten Direktur Dr. Saifuddin Ahmad Husin, MA

Dalam paparannya Takeshi mengatakan active learning merupakan model pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk menggali potensi dan kecerdasan peserta didik secara lebih maksimal dan peserta didik agar belajar menjadi lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran active learning merupakan suatu pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Takeshi menjelaskan dari konsep tersebut ada tiga hal yang perlu dipahami. Pertama, active learning menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik untuk menemukan materi. Artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung. Proses belajar dalam konteks active learning, tidak mengharapkan agar peserta didik hanya menerima pelajaran akan tetapi proses mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran.

Kedua active learning mendorong agar peserta didik dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, artinya peserta didik dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengkorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi peserta didik materi itu akan bermakna secara fungsional akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori peserta didik, sehingga tidak akan mudah dilupakan.

Ketiga, active learning mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan artinya active learning bukan hanya mengharapkan peserta didik dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaimana materi itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penerapan metode ini peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk memecahkan berbagai masalah yang ada di kehidupan sehari-hari.

Check Also

PEMBERITAHUAN KEPADA ALUMNI PASCASARJANA UNTUK SEGERA MENGAMBIL IJAZAH

SURAT PEMBERITAHUAN Nomor : 729/Un.14/IV/PP.00.9/08/2018 Diberitahukan kepada seluruh lulusan Pascasarjana yang namanya tercantum dalam lampiran ...