Home / Berita Utama / Hari Pendidikan Nasional Prodi S2 PBA Gelar Pengabdian masyarakat

Hari Pendidikan Nasional Prodi S2 PBA Gelar Pengabdian masyarakat

Prodi S2 PBA Pascasarjana UIN Antasari  Gelar Pengabdian masyarakat di STIT Darul Hijrah Martapura dengan mengangkat tema الثنائية اللغوية (Bilingualism Language) di Aula STIT Darul Hijrah, Kamis (02/04/2019).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber tunggal yakni Dr Saifuddin Ahmad Husin, MA yang sekarang menjabat sebagai Wakil Direktur Pascasarjana UIN Antasari.

Ketua STIT Darul Hijrah H. Samsul Hadi, MA membuka acara tersebut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting khususnya bagi para mahasiswa, calon guru bahasa Arab.

Samsul berharap peserta dapat mengambil pelajaran dan pengalaman dari Dr. Saifuddin yang sudah malang melintang mendalami bahasa asing didalam dan luar negeri” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari berbagai macam latar belakang, mulai dari mahasiswa, praktisi pendidikan, guru, dan dosen dilingkungan STIT Darul Hijrah.

Saifuddin dalam paparannya menjelaskan orang-orang Arab (pendatang) mulai berasimilasi dan bersosialisasi dengan pribumi karena kelompok sosial ini semakin hari semakin bercampur. Pada saat yang bersamaan, penduduk asli (pribumi) pun kemudian merasa butuh dan berkepentingan untuk mempelajari bahasa Arab yang di gunakan oleh orang-orang Arab. Namun demikian, di dalam bahasa Arab terjadi dualisme bahasa yaitu gejala Ammiyah & Fushah yang pasti memberikan pengaruh terhadap bahasa Arab itu sendiri.

Dampak dualisme Ammiyah, dan Fushah dalam moralitas adalah menjadikan manusia berperilaku ganda. Mereka berbahasa Ammiyah pada kondisi biasa dan nonformal dengan perilaku yang berbeda begitu juga menggunakan fushah dalam kondisi yang formal dengan perilaku yang berbeda pula”, tambahnya

Check Also

PENGUMUMAN WISUDA agustus 2019

PENGUMUMAN WISUDA agustus 2019 (KLIK/TAP) Langkah Langkah Pendaftaran wisuda pada Pascasarjana Mengisi form ONLINE (daftarwisuda.uin-antasari.ac.id) ...