Home / Berita Utama / Menuju sertifikasi ISO 9001:2015

Menuju sertifikasi ISO 9001:2015

Dalam rangka menuju sertifikasi ISO 9001:2015, Rabu, 24 Juli 2019 Pascasarjana UIN Antasari menggelar kuliah umum tentang ISO 9001: 2015 yang berlangsung di Aula Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin.

Kegiatan yang dimoderatori langsung oleh Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dr. Ahmad Juhaidi, M. Pd.I tersebut dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, kaprodi, sekretaris prodi, dan tenaga kependidikan di lingkungan pascasarjana serta mahasiswa pascasarjana prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan salah satu parameter yang dapat digunakan untuk menuju profesionalisme manajemen pendidikan adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang diakui dan berstandar baik secara nasional maupun internasional. Dimana salah satu sistem manajemen mutu yang telah berstandar internasional adalah ISO 9001: 2015. Maka dari itu ISO 9001:2015 menjadi penting dan strategis dalam mewujudkan visi Pascasarjana UIN Antasari yang berkeunggulan  Internasional dan Berakhlak tahun 2034”, tandasnya.

Sabda menjelaskan bahwa sudah saatnya Pascasarjana UIN Antasari ini memiliki standar manajemen mutu yang baik sesuai ISO 9001: 2015 agar kampus kita dapat memiliki dosen dan karyawan yang professional dalam bekerja dan juga pelayanan yang memiliki standar internasional”, ujarnya.

Ir. Ali Fuad Rizaldi, MM. IP dalam pemaparannya menjelaskan tentang manajemen mutu yang dikenal dengan jembatan keledai “CLEPIER” (customer, leadership, engagement, process, improvement, evidence, relationship) yaitu mengenai Fokus Pada Pelanggan, Kepemimpinan, Keikutsertaan Seluruh Personil, Pendekatan Proses, Perbaikan, Keputusan Berbasis Bukti, dan Manajemen Hubungan. Selain itu Fuad juga menjelaskan tentang Filosofi ISO 9001 yaitu tulis apa yang dikerjakan (write what you do), kerjakan apa yang ditulis (do what you write),periksa dan tinjau (review and verify), tingkatkan terus-menerus (improve continually)”, pungkasnya

Check Also

KAPRODI S2 ILTA ISI Peringatan Santri Nasional: Tasawuf dan Kontribusi Santri Untuk Dunia

Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2019, diperingati secara serentak di Indonesia. Para santri antusias dan ...