Home / Berita Utama / PASCASARJANA GELAR STUDIUM GENERALE

PASCASARJANA GELAR STUDIUM GENERALE

Jumat (16/08/2019) Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin melaksanakan studium generale dalam rangka pembukaan perkuliahan tahun akademik 2019/2020 dengan menghadirkan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998-2006 Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, CBE  bertempat di Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin dengan tema Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Era Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Saifuddin Ahmad Husin, MA, ini dihadiri oleh segenap pimpinan di lingkungan UIN Antasari diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Hamdan, M.Pd, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag., Para Guru Besar, Dekan, Wakil Dekan, dan Kaprodi dilingkungan UIN Antasari serta mahasiswa baru pascasarjana program magister dan doktor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Hamdan, M.Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi tema yang diangkat dalam studium general tersebut. Menurutnya tema yang diangkat sangat sesuai dengan kondisi kekinian, dimana revolusi industri 4.0 hari ini memberikan tantangan yang sangat berat sekaligus juga membuka peluang yang sangat luas bagi pendidikan tinggi Islam untuk berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

Dalam paparannya Azra menekankan agar kita senantiasa bersyukur dengan apa yang telah kita miliki dan apa yang kita capai, jangan gampang mengeluh, gampang komplain sehingga lupa untuk bersyukur. Sebab dengan bersyukur Insya Allah berkah akan mengalir lebih besar dan lebih banyak kepada kita.

Lebih lanjut beliau mengatakan “Tidak ada negara yang memiliki sistem pendidikan Islam yang lebih besar dari Indonesia, silahkan kalau ada Negara lain yang mengklaim namun faktanya Indonesia yang memiliki sistem pendidikan Islam terbesar di dunia”.

Beliau juga menyampaikan di era industri 4.0 saat ini pemanfaatan teknologi membuat pekerjaan lebih terarah serta lebih efisien dengan memanfaatkan internet of things dan big data. Tantangan kedepan memang tidaklah mudah, namun kita harus selalu optimis bagaimana pengembangan kelembagaan, peningkatan kualitas pendidikan harus semakin baik dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance ataupun good corporate governance”, jelasnya.

 

Check Also

Kaprodi S2 PBA Isi Studium General di STIT Darul Hijrah

Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, Dr. H. Faisal Mubarak Seff, ...