Home / Berita Utama / PRODI S-2 PBA hadirkan Kuliah Umum bahasa Arab dari Universitas Hadramaut Yaman

PRODI S-2 PBA hadirkan Kuliah Umum bahasa Arab dari Universitas Hadramaut Yaman

Memasuki era globalisasi, peran bahasa Arab dalam berbagai aspek kehidupan semakin penting, tidak saja berperan sebagai bahasa agama, akan tetapi juga sebagai bahasa budaya, ilmu pengetahuan, komunikasi dan lainnya. Oleh karena pentingnya bahasa Arab tersebut, Prodi S2 Pendidikan Bahasa Arab UIN Antasari menggelar Kuliah Umum yang mengusung tema Silsilah al-Hadis An-Nabawy min Wijhah An-Nazhori Al-Lughowi” dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Hadramaut Dr. Habib Alwi bin Hamid bin Syihab, MA

Bertempat di Aula Pascasarjana, acara ini berlangsung sangat meriah, karena membludaknya peserta yang hadir mulai dari dosen, mahasiswa, peneliti dan pencinta bahasa Arab, Sabtu (07/09/2019)

Habib Alwi dalam paparannya menjelaskan bahwa saat ini kita berada jauh dari zaman baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau telah memperjuangkan kita serta mewariskan dua hal yang dijadikan sebagai penuntun dalam hidup, yaitu al-Qur’an dan as-Sunnah.

Dalam kaitan as-Sunnah, Habib Alwi menerangkan bahwa as-Sunnah ini dari masa kemasa tetap terjaga keotentikannya karena upaya ulama yang menjaganya dengan memberikan batasan atau rujukan sebagaimana tolak ukur dalam menentukan kebenaran hadis,” Jelas alumni Universitas Yarmuk Jordania.

Beliau juga menjelaskan tentang standarisasi Hadis yang bisa dijadikan dalil sehingga pemalsuan hadis dari musuh Islam bisa digagalkan, sebagaimana hadis shohih yang menjadi rujukan utama.

Check Also

Pascasarjana UIN Antasari jalani Proses ISO 9001:2015

Auditor eksternal dari ACM-UKAS (Asia Cipta Maagement Indonesia-United Kingdom Accreditation Service, Sofyan Apriyadi Saputra (Ketua ...