Home / Berita / Pascasarjana UIN Antasari Gelar “Workshop Manajemen OJS dan Penulisan Ilmiah”

Pascasarjana UIN Antasari Gelar “Workshop Manajemen OJS dan Penulisan Ilmiah”

Pascasarjana UIN Antasari mengadakan kegiatan “Workshop Manajemen OJS dan Penulisan Ilmiah” menghadirkan Dr. Ir. Hastirullah Fitrah, MP (Rektor Universitas Achmad Yani Banjarmasin dan M. Iqbal Asy-Syauqi, M.Pd (Pengelola Jurnal UIN Antasari) sebagai pemateri bertempat di Aula Pascasarjana, Rabu (23/10/2019)

Kegiatan dibuka Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Syaifuddin Sabda, M.Ag dan dihadiri Kepala Biro AUPKK, Drs. Amal Fathullah, M.Pd.I, dosen dan mahasiswa peserta workshop.

Dalam penyampaian materinya, Fitrah mengatakan, “Syarat jurnal yang baik hari ini, tidak bisa tidak ya jurnal yang terindeks SINTA.” SINTA sendiri akronim dari Science and Technology Index yang merupakan portal milik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengukur kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi : kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi.

Sedangkan Iqbal dalam paparanya menjelaskan bahwa ada banyak sistem untuk mengelola jurnal elektronik namun satu yang dianjurkan oleh DIKTI dan Google Scholar adalah sistem jurnal terbuka (open journal system/OJS). OJS adalah sistem pengelolaan jurnal non lisensi dan dikembangkan sendiri oleh komunitas pengelola jurnal di seluruh dunia.

Setelah pengelola jurnal dan membangun aplikasi pengelolaan jurnal secara elektronik semacam Open Journal System, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan jurnal elektronik tersebut ke mesin-mesin atau situs pengindeks jurnal elektronik. Saat ini ada banyak situs pengindeks tersebut, salah satunya adalah Directory of Open Access Journals (DOAJ), yang merupakan salah satu situs pengindeks ‘wajib’ bagi para pengelola jurnal elektronik”, Jelasnya

Check Also

S3 IS, S2 HK & HES Hadirkan Narsum dari Australian National University

S3 Ilmu Syariah berkolaborasi dengan S2 Hukum Keluarga dan Hukum Ekonomi Syariah  Pascasarjana UIN Antasari ...