Home / Berita Utama / PASCASARJANA HADIRKAN NATIVE DARI UNIVERSITAS AL-FATEH TRIPOLI

PASCASARJANA HADIRKAN NATIVE DARI UNIVERSITAS AL-FATEH TRIPOLI

Salah satu upaya Pascasarjana UIN Antasari dalam meningkatkan kualitas keilmuan dan wawasan mahasiswa adalah dengan menghadirkan penutur asli dari berbagai negara salah satunya Libya. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Jum’at, 1 November 2019 bertempat di Aula Rektorat UIN Antasari Banjarmasin lantai 3, pada Kuliah Umum kali ini menghadirkan Dr. Sulaiman Hasan Sulaiman dari Universitas Al-Fateh Tripoli Libya.

Dalam paparannya Dr. Sulaiman Hasan  menjelaskan bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang terbaik di dunia, karena Allah memilihnya menjadi bahasa yang digunakan di dalam kitab-Nya yang mulia. Selain itu, bahasa Arab memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pendidikan. Terutama dalam memahami Islam dengan baik dan benar.

“Bahasa Arab adalah bahasa ilmu yang telah digunakan sejak 1400 tahun dahulu, dimulai dari zaman Nabi Muhammad (SAW) menyebarkan Islam. Ia juga menjadi bahasa kedua yang dipelajari sebagai bahasa asing di kebanyakan negara yang memiliki penduduk beragama Islam dan bahasa tersebut juga diakui sebagai bahasa resmi perhubungan di Perserikatan Bangsa-Bangsa”, Ujar anggota komisi internasional HAM PBB Cabang Libya.

Kemajuan dan perkembangan pesat bahasa Arab ini dimulai sejak penurunan al-Quran dalam bahasa Arab yang merupakan mukjizat yang paling agung di dunia ini. Justru itu, bahasa Arab secara tidak langsung menjadi bahasa komunikasi seluruh umat Islam di dunia di samping hadis Rasulullah s.a.w juga diabadikan dalam bahasa Arab. Semua ilmu Islam di peringkat permulaan ditulis dalam bahasa ini dan penyebaran dakwah Islam di seluruh dunia di tingkat awal juga dengan menggunakan bahasa Arab

Idealnya, kaum muslimin mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut”, tutupnya.

Check Also

Pascasarjana UIN Antasari Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Pascasarjana UIN Antasari berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi yang didapatkan oleh Pascasarjana UIN Antasari ...