Home / Berita / Pascasarjana UIN Antasari Peringati Sumpah Pemuda

Pascasarjana UIN Antasari Peringati Sumpah Pemuda

Pascasarjana UIN Antasari peringati hari sumpah pemuda dengan menggelar Kuliah Umum kebangsaan dengan tema “Pentingnya Membangun Karakter Bangsa” dengan menghadirkan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Muhammad Iqbal, Phd yang juga sebagai tutor di LEMHANAS RI, Senin (28/10/2019) di Aula Pascasarjana.

Dalam paparannya Iqbal menjelaskan bahwa eksistensi suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter yang dimilikinya. Hanya bangsa yang memiliki karakter kuat yang mampu menjadikan dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain.

Meskipun sudah bukan hal yang baru lagi jelas Iqbal, namun harus diakui bahwa fenomena globalisasi adalah dinamika yang paling strategis dan membawa pengaruh dalam tata nilai dari berbagai bangsa termasuk bangsa Indonesia. Sebagian kalangan menganggapnya sebagai ancaman yang berpotensi untuk menggulung tata nilai dan tradisi bangsa kita dan menggantinya dengan tata nilai yang popular di negara asing.

Di era globalisasi yang tidak mampu menahan derasnya arus informasi dari dunia manapun, membuat generasi muda dengan mudah mengetahui dan menyerap informasi dan budaya dari negara lain, demikian sebaliknya negara manapun dapat dengan mudah mendapatkan segala bentuk informasi dan budaya dari negara kita, disinilah karakter bangsa diperlukan karena apabila karakter bangsa tidak kuat maka globalisasi akan melindas generasi muda kita. Generasi muda diharapkan dapat berperan menghadapi berbagai macam permasalahan dan persaingan di era globalisasi yang semakin ketat sekarang ini.

Diakhir paparannya Iqbal menjelaskan bahwa Untuk membentengi generasi muda khususnya mahasiswa agar tidak terlindas oleh arus globalisasi maka diperlukan pembangunan karakter yang kuat. Generasi muda kita adalah cerminan karakter bangsa Indonesia. bila karakter suatu bangsa hilang maka tidak ada lagi nama bangsa Indonesia di peta dunia.

 

Check Also

S3 IS, S2 HK & HES Hadirkan Narsum dari Australian National University

S3 Ilmu Syariah berkolaborasi dengan S2 Hukum Keluarga dan Hukum Ekonomi Syariah  Pascasarjana UIN Antasari ...