Home / Berita / DOSEN PASCASARJANA UIN ANTASARI IKUTI PELATIHAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS UMM AL-QURO MEKKAH

DOSEN PASCASARJANA UIN ANTASARI IKUTI PELATIHAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS UMM AL-QURO MEKKAH

Alhamdulillah pada akhir bulan Juni 2018 ini Dr. Ahmad Muradi, M. Ag (dosen UIN Antasari Banjarmasin) bersama 35 pengajar bahasa Arab lainnya berangkat ke Arab Saudi untuk mengikuti acara pelatihan (Daurah Shaifiyah li Mua’allimi al-Lughah al-Arabiyyah li al-Nathiqina bi Ghairiha) yang dilaksanakan sejak tanggal 31 Juni sampai 02 Agustus 2018 di Universitas Umm Al-Qura Mekkah Al-Mukarramah, Saudi Arabia.

Daurah Shaifiyah ini diikuti oleh 2 negara, Indonesia dan Senegal. Bagi Indonesia ini merupakan daurah yang ke-10 yang diikuti oleh 19 peserta dari berbagai wilayah dan bagi Senegal merupakan daurah yang ke-8 yang diikuti oleh 17 peserta. Selama 1 bulan peserta mengikuti 171,8 jam Pembelajaran bahasa Arab baik teori maupun praktik.

Muradi Menjelaskan bahwa lembaga Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Non-Arab, Universitas Umm Al-Qura, menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa pelatihan dosen bahasa Arab. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan dan kemampuan mengajar serta memberikan pengalaman kebahasaan dan kebudayaan Arab kepada para pesertanya.

“Alhamdulillah kami bersyukur bisa ikut daurah ini, tidak hanya belajar bahasa Arab secara komprehensif tapi juga berkesempatan ketempat-tempat bersejarah di Mekkah-Madinah dan berkunjung  ke Markaz muazzin masjid al-Haram, halaqat tahfiz alquran Jami’asyur Bukhari (tempat ‘Asal al-Banjari belajar dan mengajar al Quran, museum al-haramain, gunung Uhud,  mesjid Jin, mesjid Quba, lembaga hadiah al hajj wa al-mu’tamar sebuah lembaga di bidang pelayanan haji dan umrah, majma al-khairiyah dibidang pembinaan keimanan, kesehatan dan pendidikan, perpustakaan masjidilharam, dan berkesempatan masuk festival pasar Ukaz thaif selain itu di Madinah juga berkunjung ke mathaf  mesjid Nabawi,” ungkapnya

Check Also

WEBINAR S2 HUKUM EKONOMI SYARI’AH : PEMBATALAN KEBERANGKATAN JEMAAH HAJI TAHUN 2020 (ANALISIS HUKUM POSITIF DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH)