Home / Berita / Dosen Tetap HK Presentasi di Seminar Internasional

Dosen Tetap HK Presentasi di Seminar Internasional

Senin, 26 November 2018 Pascasarjana Univeristas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menggelar The 1 Annual Postgraduate Conference on Moslem Society dengan mengangkat tema “Text Tradition And Indetity in the Malay World” (Tradisi dan identitas di Dunia Melayu) yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Narasumber yang dihadirkan  yakni Prof. Dr. Ronald Lukens Bull (University of North Floride), Prof. Dr. Noorhaidi Hasan, M.A. (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Mohammad Alinor bin Abdul Kadir (University Putera Malaysia), Prof. Dr. Maryam Eit Ahmad (Universitas Ibnu Tufail Maroko), Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A dan Dr. Saifuddin Ahmad Husin, M.A. (UIN Antasari Banjarmasin).

Pada Parallel Sessions terdapat 22 pemakalah salah satu diantaranya Dosen Home base dan Dosen tetap Prodi S-2 Hukum Keluarga Dr. Rahmat Sholihin, M. Ag turut serta menjadi pemakalah dengan tema  Tabu perkawinan dalam Budaya Banjar.

Rahmat menjelaskan “Budaya Banjar memiliki kearifan lokal tersendiri ketika melarang seseorang terhadap perkara yang dianggap tabu yang sering disebut dengan istilah pamali. Perspektif orang Banjar yang tinggal di Banjarmasin terhadap tabu lebih terbuka dan fleksibel dibandingkan sikap orang Martapura yang taat pada tuan guru. Sementara itu, di Amuntai ada sikap sinkritis terhadap berbagai ajaran agama (Hindu dan Budha),” jelasnya.

Budaya tabu merefleksikan ajaran akhlak tentang konsep baik dan buruk. Sedangkan secara aplikatif dalam kehidupan praktis sehari-hari, budaya tabu dalam masayarakat banjar mengajarkan banyak hal terkait dengan pendidikan yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti kedisiplinan, ketertiban, keteraturan dan jangan menganggu orang, jangan durhaka, jangan melukai perasaan orang. Essensi pemahaman tentang makna dari sebuah larangan adalah mendidik agar taat dengan norma yang berlaku sesuai dengan nilai yang diyakini untuk kebaikan dan kemaslahatan bersama.

Check Also

WEBINAR S2 HUKUM EKONOMI SYARI’AH : PEMBATALAN KEBERANGKATAN JEMAAH HAJI TAHUN 2020 (ANALISIS HUKUM POSITIF DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH)