Home / Berita Utama / Pascasarjana UIN Antasari Gelar Seleksi Masuk Secara Online

Pascasarjana UIN Antasari Gelar Seleksi Masuk Secara Online

Pascasarjana UIN Antasari menggelar tes tertulis bagi calon mahasiswa baru program magister dan doktor untuk periode semester awal tahun akademik 2020/2021 lewat daring. Tes dilakukan pada 22 Juli 2020. Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag menjelaskan proses seleksi tahun ini seluruhnya diselenggarakan secara daring, mulai dari pendaftaran hingga tes tertulis dan wawancara (untuk program doktor). “Jadi, kita laksanakan ini memang sebagai respon situasi darurat Covid-19,” ujarnya

Pada seleksi kali ini, sebanyak 186 peserta mengikuti ujian tulis. Jumlah ini terdiri atas calon mahasiswa program doktor (sebanyak 30 orang), program magister (sebanyak 156 orang). Ujian daring ini berlangsung dengan mekanisme sebagaimana ujian biasanya, namun dengan beberapa penyesuaian.

Setiap 20 peserta diawasi oleh satu orang pengawas. Soal-soalnya dikerjakan melalui sistem yang dipersiapkan oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pascasarjana UIN Antasari dengan menggunakan Google Form dan pengawasan dengan menggunakan Google Meet.

“Para peserta mengerjakan soal dari tempat masing-masing, dan dari seluruh wilayah di Kalimantan. Ada peserta dari Kal-Tim, Kal-Teng, Kotabaru dan sebagainya. Soalnya terbagi dalam tiga kategori, yaitu kemampuan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Potensi Akademik,” kata  Mujiburohman, M.A., Ph.D selaku ketua Panitia

Khusus untuk calon mahasiswa program doktor (S3), ada tes tambahan, yaitu wawancara dan pendalaman proposal penelitian. Proses wawancara juga dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meet. Setiap calon akan menghadapi beberapa pewawancara sekaligus.

Hasil seleksi masuk untuk program doktor, magister akan diumumkan di web resmi Pascasarjana UIN Antasari pada 30 Juli 2020. Selanjutnya, proses registrasi ulang juga direncanakan berlangsung secara daring.

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Ulang (herregistrasi) Mahasiswa Lama Semester Ganjil 2020/2021

Pengumuman pendaftaran ulang bagi mahasiswa lama semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021 dapat diunduh di sini.  ...