Home / Berita Utama / Dosen STAI DARUL ULUM Kandangan raih gelar doktor di UIN Antasari

Dosen STAI DARUL ULUM Kandangan raih gelar doktor di UIN Antasari

Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari Program Doktor Pendidikan Agama Islam melangsungkan sidang ujian terbuka pada Kamis, 02 September 2021 yang dipimpin oleh ketua sidang Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA, dan penguji Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag, Prof. Dr. H. Kamrani Buseri,MA, Dr. Dina Hermina, M. Pd, dan Dr. Wahyudin, M. Si serta penguji eksternal Prof. Dr. Suprapto, M. Ag Guru Besar Ilmu Sosial UIN Mataram.

Sidang terbuka gelar Doktor tersebut diajukan dalam rangka memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar Doktor Pendidikan Agama Islam yang dipertahankan disertasinya oleh promovendus Murjani  dengan judul “Nilai-nilai Religius dan Sosial di Kalangan Remaja Pelajar di Kalimantan Selatan“.

Dalam paparannya ia mengungkapkan bahwa nilai-nilai religius yang dimiliki dan berkembang pada remaja pelajar di Kalimantan Selatan pada dasarnya berorientasi formalistik (menggugurkan kewajiban) yang di pengaruhi oleh adanya faktor dorongan dari orangtua dirumah maupun guru di sekolah serta perasaan ikatan sosial dengan teman terdekat (peergroup) selain itu belajar agama lewat media sosial, seperti Youtube, Facebook, WhatsApp, Twitter.

Adapun nilai-nilai sosial yang berkembang pada diri remaja berdasarkan pada kesetiaan komunitasnya tidak berlandaskan pada motivasi komunitas masyarakat dilingkungannya. selain itu nilai penghormatan pada guru direpresentasikan melalui bahasa“gaul”dan bahasa populer atau simbol dikalangan remaja melinial, begitu juga Muamalah dikalangan remaja dominan dilakukan melalui media sosial, sehingga mereka sibuk dengan gawainya walaupun berkumpul dalam satu tempat. Perubahan nilai sosial pada remaja tentunya dipengaruhi oleh beberapa seperti pengaruh media sosial, gaya hidup dan pemahaman agama,” ujar Doktor ke-47 UIN Antasari

Check Also

Pengayaan Akademik Pascasarjana 2021

Pengayaan Akademik MABA Pascasarjana UIN Antasari Time: Sep 9, 2021 08:30 – Selesai 🎤 Welcome ...