Home / Berita / REFRESHMENT KURIKULUM PASCASARJANA UIN ANTASARI

REFRESHMENT KURIKULUM PASCASARJANA UIN ANTASARI

Perkembangan teknologi sekarang maju pesat ini tidak dipungkiri juga berdampak kepada Pendidikan khususnya pada program pascasarjana UIN Antasari. Menjawab perkembangan tersebut Pascasaraja UIN Antasari berbenah diri dengan mengadakan beberapa perubahan diataranya adalah pengembangan kurikulum yang tepat guna dan menyesuaiakan. Perubahan visi pascasarjana  yang disesuaikan dengan visi misi universitas menjadi dasar dalam perumusan kurikulum. Visi UIN Antasari yaitu Unggul dan Berakhlak juga menjadi landasan dalam visi misi pascasarjana UIN Antasari yaitu Menjadi Pascasarjana yang unggul dan berakhlak. Unggul di sini yaitu unggul alam kajian Islam dan masyarakat Banjar dengan berbasis empat filosofi integrasi ilmu UIN Antasari (Integrasi dinamis, Integrasi Kebangsaan, Berbasis Lokal dan Berwawasan Global). Sedangkan maksud dari berakhlak adalah menanamkan dan Bersikap serta berperilaku luhur sesuai nilai dan ajaran Islam terhadap Tuhan, manusia (diri dan masyarakat), serta alam.

Dalam perumusan kurikulum menurut Dr. Hj. Salamah, M. Pd harusnya memperhatikan beberapa aspek yaitu: SN-DIKTI, visi misi pascasarjana serta standar KKNI yaitu untuk magister adalah standar 8 dan doctoral adalah standar 9. Ada 11 komponen dalam sebuah kurikulum diantaranya harus ada indentitas, visi misi, profil lulusan, bahan kajian, bobot SKS serta RPS. Harapannya ada RPS yang dihasilkan nanti juga mencantumkan hasil karya dosen pengampu mata kuliah untuk dijadikan referensi. Dari hasil pertemuan disepakati bahwa ada penambahan bahan kajian di setiap prodi guna menunjang visi misi universitas yaitu bahan kajian integrasi ilmu dan kajian islam lokal, serta menambahkan mata kuliah wajib yaitu studi islam dan filsafat ilmu.(xbl)

 

Check Also

Angkat kompromi dalam kewarisan masyarakat Banjar, Dosen FSY raih gelar Doktor

Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari Program Doktor Ilmu Syariah melangsungkan sidang ujian terbuka pada Selasa, ...