Back

Jadi Narasumber, Sekretaris S2 PAI Berbagi Pengetahuan dalam Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif di Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka RayaFakultas Dharma Acarya (FDA) di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya mengadakan Pelatihan Media Pembelajaran Digital bagi Dosen pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Dekan FDA, Dr. Derson, S.Ag., M.Ag, dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Budi Purnomo, SH., M.Si, serta unsur pimpinan dari FDA dan undangan dari FDS, FDDBW, dan Pascasarjana. Dalam sambutannya, Dekan mengungkapkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belakangan ini telah berdampak pada semua sektor, termasuk pendidikan, dengan adanya pola pendidikan modern yang berbasis aplikasi digital.

“Menghadapi masa depan tidak berarti kita harus pasif dan puas dengan apa yang telah kita miliki. Kita dituntut untuk mampu menyeimbangkan pemenuhan kebutuhan, sehingga kebutuhan tersebut dapat memenuhi tidak hanya untuk saat ini tetapi juga dalam jangka waktu yang panjang,” ujar Dekan.

“Dalam konteks ini, media pembelajaran digital sangatlah penting karena membantu mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh dosen,” tambahnya.

Dekan berharap bahwa pelatihan ini akan memberikan pengetahuan tambahan serta dampak positif, khususnya bagi dosen sebagai tenaga pendidik, dalam memahami, menggunakan, dan menerapkan aplikasi dalam media pembelajaran.

Ketua Panitia Pelatihan, I Wayan Sindia Griya Danika, S.Kom., M.T., melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dengan menghadirkan dua narasumber:

1. Riri Irma Suryani, S.Sn., M.Sn (Dosen Teknologi Telkom Purwokerto)
2. Moh. Iqbal Assyauqi, M.Pd (Dosen Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu dosen dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 6-7 Februari 2024.