Home / Berita Utama / PPs UIN Antasari Gelar Kuliah Umum

PPs UIN Antasari Gelar Kuliah Umum

PPs UIN Antasari Banjarmasin mengundang Dr. H. Barsihannor, M. Ag (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin) menjadi narasumber pada kegiatan kuliah umum, Jumat 20 Oktober 2018.

Kegiatan itu bertema “Paradigma Riset Keagamaan di PPs” ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa PPs UIN Antasari Banjarmasin baik program S2 maupun S3.

Dr. Inna Muthmainnah, MA selaku ketua Prodi S3 PAI menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang bertujuan memberikan wawasan akademik kepada mahasiswa terkait pola riset yang harus dikembangkan pada program Pascasarjana.

“Ini adalah pembicara yang ketiga yang kita datangkan setelah sebelumnya juga hadir dua pembicara dari kampus yang berbeda,” demikian Inna menambahkan.

Dr. H. Barsihannor, M. Ag mengawali materinya dengan menyampaikan manajemen perguruan tinggi. Selanjutnya, dia membahas riset yang menjadi tuntutan kurikulum (KKNI) Menurutnya, tuntutan kurikulum yang mengharapkan output yang profesional merupakan sebuah harapan objektif di sebuah zamam yang sangat dinamis saat ini.

Riset di PPs menurutnya diupayakan mampu menghasilkan teori baru bahkan produk hukum baru. Hasil riset memurutnya tidak boleh lagi hanya sebatas asesoris rak perpustakaan, tetapi hasil yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan maju, baik perubahan produk teknologi, metode, materi pelajaran, sistem evaluasi ataupun pemahaman keagamaan.

Barsihannor mengingatkan bahwa zaman analog sudah berakhir dan saat ini sudah memasuki dunia atau era digital, karenanya, pola riset pun harus menyesuaikan dengan tuntutan zaman.

Check Also

PASCASARJANA UIN ANTASARI ADAKAN PENGAYAAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA BARU TA 2020/2021

Menyambut mahasiswa baru Pascasarjana angkatan 2020/2021. Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin mengadakan acara Pengayaan Akademik Mahasiswa ...