Home / Berita Utama / Dosen Tetap S2 HK beri kuliah Umum pada Fakultas Syariah UIN Antasari

Dosen Tetap S2 HK beri kuliah Umum pada Fakultas Syariah UIN Antasari

Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang juga dosen tetap S2 Hukum Keluarga memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Fakultas Syariah, Senin (04/1/19) di Auditorium Mastur Jahri.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Rahmat Sholihin, M. Ag berbicara tentang “Isyarat al-Qur’an tentang Kepemimpinan”. Ia menjelaskan dalam kerangka sebuah negara, maka pemilihan seorang pemimpin haruslah berdasarkan mekanisme yang sesuai dengan aturan undang-undang negara dan tidak menyalahi ketentuan agama. Dari proses yang legal tersebut, akan memunculkan pemimpin yang berhak didaulat untuk mewakili rakyat secara keseluruhan. Sosok pemimpin yang ideal dan sempurna memang sulit dicari, tapi paling tidak ada upaya untuk mendekati yang terbaik.

Rahmat menambahkan pada dimensi ini diperlukan kriteria yang konkrit sebagai prasyarat untuk menjadi seorang pemimpin. Bagi seorang muslim, tentulah kriteria yang dimaksud tercermin pada sosok Nabi Muhammad SAW sebagai insan kamil.

Praktik keseharian Rasul SAW, terlebih lagi disaat tertentu ketika harus memutuskan perkara penting selalu saja dilakukan jbeliau dengan prinsip musyawarah untuk mufakat. Prinsip ini sejalan dengan konsep demokrasi yang dikembangkan Indonesia yang berasas LUBER (langsung, Umum, Bebas dan Rahasia). Prinsip dasar ini harus terus dijunjung tinggi dan menjadi ciri khas pemilu di Indonesia.

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur’an anjuran untukk menunaikan amanat dengan sebaik-baiknya dan jangan mengkhianatinya, yaitu al-Ahzab ayat 72, an-Nisa ayat 58. Ayat-ayat terseut Allah SWT mengingatkan –dengan menggunakan taukid- bahwa sesungguhnya amanat itu haruslah ditunaikan dan jangan sampai ada pengkhianatan. Disamping itu Rasulullah SAW juga mengingatkan bahwa apabila suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggu saja kehancurannya. Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang memberi amanah dan orang yang diberi amanah haruslah paham dan mengerti akan tugas dan tanggungjawab masing-masing agar semuanya bisa berjalan dengan baik, sukses dan selamat dunia akhirat. Pungkasnya

Check Also

Pascasarjana UIN Antasari terapkan SIAKAD Online dan LMS tahun ajaran 2020/2021

Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, memastikan diri di bulan Agustus 2020, akan menggunakan Sistem Informasi Akademik ...