Home / Berita Utama / Prodi S2 HK Gelar Pengabdian masyarakat di Palangkaraya

Prodi S2 HK Gelar Pengabdian masyarakat di Palangkaraya

Prodi S2 Hukum Keluarga, Pascasarjana UIN Antasari  Gelar Pengabdian masyarakat di kemenag Prov Kal-Teng dengan mengangkat tema Akulturasi Hukum Waris Adat pada Masyarakat Dayak Meratus di Aula kemenag Prov Kal-Teng, Selasa (17/03/2020).

Kepala kemenag Provinsi Kal-Teng H. Masrawan membuka acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini menghadirkan narasumber tunggal yakni Dr. Hj. Gusti Muzainah, SH., MH, yang sekarang menjabat sebagai Kaprodi S2 Hukum Keluarga Pascasarjana UIN Antasari.

Muzainah dalam paparannya menjelaskan bahwa masyarakat Dayak Meratus  yang sudah berpindah agamanya, dari agama kaharingan berpindah keagama Islam, ternyata dalam hal pembagian waris mereka masih memakai hukum waris adat, dalam hukum waris adat mereka tidak mengenal adanya penghalang untuk mendapatkan warisan, semua anak sebagai ahli waris”, ujarnya.

Banyak faktor yang mengakibatkan akulturasi dalam  hukum waris adat, antara lain anggapan bahwa adat lebih dahulu ada daripada agama, sehingga adat wajib diprioritaskan dan harus dilaksanakan secara turun temurun. Dengan demikian masyarakat Dayak Meratus yang beragama Islam tidak menjalankan pembagian waris secara hukum Islam, tetapi mereka lebih memilih pembagian warisan berdasar hukum waris adat”, tambahnya

 

Check Also

Pascasarjana UIN Antasari terapkan SIAKAD Online dan LMS tahun ajaran 2020/2021

Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, memastikan diri di bulan Agustus 2020, akan menggunakan Sistem Informasi Akademik ...