Home / Berita Utama / Prodi S2 PBA UIN Antasari adakan Dialog Internasional bersama Pensyarah kanan Universiti Kelantan Malaysia

Prodi S2 PBA UIN Antasari adakan Dialog Internasional bersama Pensyarah kanan Universiti Kelantan Malaysia

Selasa, 14 April 2020 Magister S2 PBA UIN Antasari mengadakan dialog tentang Artifical Intelligence dan juga Masa Depan bahasa Arab. Kegiatan ini menghadirkan Ahmad Abdurrahman, Ph.D (pensyarah kanan) Universiti Kelantan Malaysia dengan menggunakan Hangouts Meet. Kegiatan turut dihadiri para dosen dan mahasiswa PBA UIN Antasari, UIN Alauddin Makasar, IAIN Bukit Tinggi, dan  juga mahasiswa dari Universitas Malaysia Kelantan.

Tampak hadir ketua pusat bahasa UIN Antasari Dr. Ahmad Muradi, M. Ag, Dr. Haniah dari UIN Makassar dan Dr. Rita Febrianta, M.Pd (Direktur Manarat for Arabic Studies dari Bukit tinggi)

Menurut Abdurrahman, pada awal abad kedua puluh satu, umat manusia mengalami masa inovasi teknologi yang besar. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) ini, membuka cakrawala baru tentang revolusi teknologi, ilmiah dan bahasa.

Namun, di sisi lain lompatan-lompatan teknologi tersebut merupakan titik balik gangguan (disruption) antropologis yang meningkatkan dilema etis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pengembangan kecerdasan buatan akan membawa banyak dampak, termasuk di bidang multibahasa dan keanekaragaman budaya”, ujarnya.

Kecerdasan buatan juga merupakan sumber peluang dan teknologi yang menjanjikan, misalnya dengan alat terjemahan instan yang dapat memfasilitasi dialog antara masyarakat dan budaya. Teknologi ini juga dapat memfasilitasi pembelajaran beberapa bahasa dan dengan demikian mempromosikan pengembangan bahasa Arab.

Check Also

PASCASARJANA UIN ANTASARI ADAKAN PENGAYAAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA BARU TA 2020/2021

Menyambut mahasiswa baru Pascasarjana angkatan 2020/2021. Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin mengadakan acara Pengayaan Akademik Mahasiswa ...